PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia

Mengenal Ahli Hukum Pidana

Get to know Criminal Law Experts

Avatar of Pinter Hukum
Ahli Hukum Pidana

Ahli Hukum Pidana

Hukum pidana adalah salah satu bidang hukum yang kompleks dan membutuhkan pengetahuan yang mendalam. Dalam bidang ini, banyak tokoh ahli hukum pidana yang terkenal dan telah memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan sistem peradilan pidana di dunia. Berikut adalah beberapa tokoh ahli hukum pidana yang patut dikenal:

  1. Cesare Beccaria

Cesare Beccaria adalah seorang ahli hukum pidana asal Italia yang terkenal karena karyanya “On Crimes and Punishments”. Karya tersebut membahas tentang sistem peradilan pidana yang lebih adil dan proporsional. Beccaria juga memperjuangkan hak-hak individu yang terdakwa dalam proses pengadilan.

  1. William Blackstone

William Blackstone adalah seorang ahli hukum pidana asal Inggris yang terkenal karena karyanya “Commentaries on the Laws of England”. Karya tersebut membahas tentang sistem peradilan Inggris yang mengatur tentang tindak pidana dan hukuman yang sesuai. Blackstone juga memperjuangkan hak-hak individu dalam proses pengadilan dan mengusulkan sistem hukuman yang lebih manusiawi.

Baca juga: 12 Asas Hukum Acara Pidana

  1. Nils Christie

Nils Christie adalah seorang ahli hukum pidana asal Norwegia yang terkenal karena kontribusinya dalam memperjuangkan sistem peradilan pidana yang lebih manusiawi dan rehabilitatif. Christie juga mengusulkan teori tentang “konflik sebagai sumber hukum”, yaitu pandangan bahwa hukum harus mengatasi konflik secara konstruktif dan menjadikan konflik sebagai sumber pembelajaran.

  1. Susan Easton

Susan Easton adalah seorang ahli hukum pidana asal Amerika Serikat yang terkenal karena karyanya tentang hukuman mati. Easton memperjuangkan penghapusan hukuman mati dan mengusulkan alternatif hukuman yang lebih manusiawi, seperti pidana seumur hidup tanpa pembebasan bersyarat.

  1. Andrew Ashworth

Andrew Ashworth adalah seorang ahli hukum pidana asal Inggris yang terkenal karena karyanya tentang teori hukuman. Ashworth memperjuangkan sistem hukuman yang lebih manusiawi dan proporsional, serta mengusulkan teori tentang “penjara sebagai hukuman yang efektif”, yaitu pandangan bahwa penjara harus menjadi tempat rehabilitasi bagi narapidana dan bukan hanya tempat pembatasan.

Baca juga: Dosen Ahli Hukum Pidana

Kesimpulan

Tokoh ahli hukum pidana memiliki peran penting dalam perkembangan sistem peradilan pidana. Melalui karya-karya mereka, mereka memperjuangkan hak-hak individu dalam proses pengadilan, mengusulkan sistem hukuman yang lebih manusiawi dan proporsional, dan memperjuangkan rehabilitasi narapidana.

Oleh karena itu, para ahli hukum pidana layak mendapat pengakuan dan apresiasi atas kontribusinya dalam bidang hukum pidana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis