PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia
Opini  

Anak Zina dan Peran Hakim

Avatar of Pinter Hukum
hukum
Anak zina

Seorang anak yang dilahirkan dari hasil zina harus mendapatkan keadilan dan kejelasan status. Hubungan anak dengan bapak tidak semata-mata karena adanya ikatan perkawinan.

Akan tetapi dapat juga didasarkan pada pembuktian adanya hubungan darah antara anak dengan bapak.

Terlepas dari soal prosedur/administrasi perkawinannya, anak yang dilahirkan harus mendapatkan perlindungan hukum.

Baca juga: Hak Anak dan Istri Pasca Cerai

Seorang anak yang lahir juga harus mendapatkan haknya sebagai anak, dan anak yang dilahirkan tanpa memiliki kejelasan status ayah seringkali mendapatkan perlakuan yang tidak adil di tengah-tengah masyarakat.

Maka dari itulah tugas seorang hakim dalam melindungi hak-hak seorang anak yang dilahirkan dari hasil zina dengan memberikan kepastian hukum terhadap anak tersebut.

Baca juga: Nasib Anak Zina

Demikian sobat penjelasan tentang anak zina dan peran hakim, untuk pertanyaan atau kerjasama silahkan hubungi kami di redaksi@pinterhukum.id

Respon (10)

  1. Saya sangat tertarik dengan permasalahan dalam Hukum Keluarga seperti ini, sangat bermanfaat sekali. Terima kasih Pinter Hukum atas materi yang diberikan..

  2. Iyasih, mau bagaimana-pun si anak juga punya hak hukum. Karna, si anak tuh ngga tau apa” dia sendiri ngga bisa milih mau dilahirin sah atau ngga.

  3. Iyasih, mau gimanapun si anak juga punya hak hukum. Karna, si anak tuh ngga tau apa” dia sendiri ngga bisa milih mau dilahirin sah atau ngga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis