PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia

Politik Hukum Era Jokowi

Legal Politics of the Jokowi Era

Avatar of Pinter Hukum
Politik Hukum Era Jokowi

Identitas Buku

Judul: Politik Hukum Era Jokowi
Penulis: Afifi dkk
Penyunting: R Ferdian Andi R
Penerbit: PUSKAPKUM
Tahun Terbit: 2019
Jumlah Halaman: 299
ISBN: 978-623-90425-0-9

Pendahuluan

Buku berjudul “Politik Hukum Era Jokowi” merupakan kumpulan tulisan dari sejumlah akademisi yang ditulis dalam kurun 4,5 terakhir.

Tulisan bertemakan dinamika hukum dalam kurun era Presiden Joko Widodo 2014-2019, yaitu seputar isu yang menjadi perhatian publik.

Baca juga: Resensi Buku: Politik Kuasa Media

Pada masanya, tren topik yang dibahas dalam buku ini merupakan sebuah sikap maupun tanggapan atas beragam persoalan di masyarakat kala itu.

Isi Resensi

Buku ini membahas seputar dinamika politik hukum di era Jokowi ketika menjabat sebagai Presiden pada periode pertama. Beragam persolan yang menjadi sorotan publik kala itu direspons oleh sejumlah 12 orang cendekiawan yang menulis gagasan dalam buku ini.

Para penulis tersebut yaitu di antaranya; Afifi, Heru Siswanto, Indra L Nainggolan, Mei Susanto, Ndaru Satrio, Nina Zainab, Panti Rahayu, Rahmat Saputra, Rama Dhianty, R Ferdian Andi R, Ridho Oktofan, dan Widya Sari Putri.

Baca juga: Meninjau Lebih Dalam Terkait Perdebatan Islam dan Politik di Indonesia

Beberapa ide yang tertuang dalam buku ini, setidaknya terdiri dari tujuh bab. Masing-masing tulisan tiap babnya berdiri sendiri dan tidak berkorelasi satu sama lainnya.

Bab I fokus membahas soal reformasi legislasi.
Bab II menyoroti seputar reformasi lembaga parlemen selama empat tahun terakhir.
Bab III membahas terkait pemberantasan korupsi.
Bab IV menjabarkan dinamika pelaksanaan otonomi daerah.
Bab V mengulas soal reformasi partai politik dan pemilu.
Bab VI meyoal perjalanan reformasi lembaga peradilan.
Selanjutnya bab VII mengupas seputar supremasi hukum dan HAM.

Penutup

Pada esensinya, setiap tulisan di setiap bab dalam buku ini mengandung benang merah ide dan gagasan terhadap topik persoalan.

Baca juga: Jokowi

Kendati berbentuk bunga rampai, bukan berarti tulisan dalam buku ini mengabaikan kaidah penulisan ilmiah. Oleh karenanya sebagai informasi bagi pembaca, maka disertakan pula daftar pustaka terkait rujukan yang digunakan oleh tiap penulis dalam menulis gagasannya.

Mayoritas tulisan yang menjadi koleksi pembahasan dalam buku ini, setidaknya pernah termuat di sejumlah media massa baik cetak maupun online.

 

Kelebihan Buku

Adapun poin kelebihan dari buku ini terletak pada topik pembahasan yang diangkat menjadi perhatian publik, tren pembicaraan di tengah-tengah masyarakat kala itu. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi kumpulan tulisan yang dimuat.

 

Kekurangan Buku

Adapun titik kekurangan dari buku ini ialah pada profil penulis tidak dilengkapi foto. Kemudian selain itu, pada bagian “Sumber Tulisan” alangkah lebih baiknya dihilangkan atau boleh diletakan di akhir tulisan pada tiap babnya, karena di halaman sebelumnya sudah dimuat pada bagian “Bahan Bacaan” yang mana bedanya hanya struktur klasifikasi sehingga terkesan pengulangan.

 

Penutup

Secara garis besar, buku ini berisi rekaman tulisan yang menganalisis politik hukum di masa Presiden Jokowi. Rentangan materi sangat bervariasi, mulai dari legislasi, kelembagaan DPR, korupsi, otonomi, parpol dan pemilu serta hukum yang bertujuan melindungi kemanusiaan. Cakupan yang luas memungkinkan pembaca memahami arah kebijakan Jokowi lebih bersifat komprehensif ataukah merupakan kebijakan yang bersifat parsial. Pembagian bab yang digunakan untuk mengklasifikasi tema dan ide tulisan. Masing-masing tulisan berdiri sendiri dan tidak berkorelasi satu sama lainnya.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis