PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia

Resensi Buku: Hukum Adat dan Kearifan Lokal

Book Review: Customary Law and Local Wisdom

Avatar of Pinter Hukum
Hukum Adat dan Kearifan Lokal

Identitas Buku

Judul: Hukum Adat dan Kearifan Lokal
Penulis: Bambang Daru Nugroho
Penerbit: Unpad Press
Tahun Terbit: 2016
Jumlah Halaman: 62 Halaman
ISBN: 978-602-6308-79-5

Pendahuluan

Buku karangan Bambang Daru Nugroho yang berjudul ”Hukum Adat dan Kearifan Lokal”, merupakan upaya Penulis untuk mempertahankan hukum adat dan memelihara hukum adat sebagai bagian dari budaya bangsa.

Baca juga: Filsafat Hukum Secara Umum Filsafat Pemilu Bermartabat: Seri Filsafat Pemilu

Isi Resensi

Buku ini membahas tentang hukum adat yang terbagi menjadi 3 bab utama yaitu:

  1. Mengenal Hukum Adat
  2. Budaya Indonesia Sebagai Kearifan Lokal
  3. Kesatuan-Kesatuan Masyarakat Hukum Adat

Secara general buku ini menjelaskan mengenai hukum adat seperti pengertian seperti pengertian dari hukum adat, justifikasi berlakunya hukum adat, sumber hukum adat, teori mengenai kemunculan dari hukum adat, sifat dari hukum adat, dan pengaruh luar terhadap masyarakat hukum adat.

Baca juga: Adat

Pada bab 1 dari buku ini dengan topik ”Mengenal Hukum Adat” penulis menjelaskan mengenai pengertian dari hukum adat, manfaat mempelajari hukum adat, proses terbentuknya hukum adat dan pengaruh dari agama terhadap hukum adat, dan dasar belaku dan sumber dari hukum adat.

Pada bab 2 dari buku ini dengan topik ”Budaya Indonesia Sebagai Kearifan Lokal”, Penulis menjelaskan tentang hukum sebagai aspek dari kebdayan, unsur-unsur dalam hukum adat, teori mengenai munculnya hukum adat, sifat yang umum ditemui dalam masyarakat hukum adat dan cara berpikir masyarakat hukum adat, dan sifat hukum adat.

Baca juga: Resensi Buku: Dinamika Hukum Adat

Pada bab 3 dari buku ini dengan topik ”Kesatuan-Kesatuan Masyarakat Hukum Adat”, Penulis menjelaskan mengenai kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat,  macam-macam persekutuan hukum, hubungan individu dengan masyarakat, dan pengaruh luar terhadap masyarakat hukum adat .

Kelebihan

Buku ini menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan hukum adat secara singkat dan padat yang mana terefleksikan dengan jumlah halaman dari buku ini, selain itu dalam setiap bab dari buku ini terdapat soal latihan yang dapat membantu pembaca untuk melatih pemahamannya terkait hukum adat.

Baca juga: Resensi Buku: Teori Res Ipsa Loquitur Dalam Pembuktian Bidang Perdata

Kekurangan 

Kekurangan dari buku ini adalah jika pembaca menginginkan penjelasan yang lebih mendalam mengenai hukum adat maka sebaiknya pembaca memilih buku lain karena buku ini lebih fokus kepada penjelasan mengenai hukum adat secara singkat dan padat.

Penutup

Secara keseluruhan buku ini merupakan buku yang dapat menjadi pilihan bagi mereka yang baru belajar hukum adat dimana tujuannya adalah untuk mengetahui dasar dari hukum adat, bagi mereka yang sudah mengetahui atau mempunyai pengetahuan lebih dalam mengenai hukum adat buku ini tetap dapat dijadikan pilihan sebagai buku cadangan dari buku hukum adat yang sudah dimiliki terlebih dahulu.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis