PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia

Resensi Buku: Teori Hukum Konvergensi

Book Review: Convergence Law Theory

Avatar of Pinter Hukum
Teori Hukum Konvergensi

Daftar Isi

Identitas Buku

Judul: Teori Hukum Konvergensi
Penulis: Dr. Danrivanto Budhijanto, S.H., LL.M. in IT Law, FCBArb
Penerbit: Refika Aditama
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 194 Halaman
ISBN: 978-602-7948-59-4

Pendahuluan

Buku ini menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan teori hukum konvergensi secara lengkap mulai dari sejarah, teori yang mempengaruhi dari teori konvergensi, penjelasan pengenai teori konvergensi itu sendiri.

Baca juga: Politik Identitas Islam di Indonesia: Fenomena Opini Publik

Isi Resensi

Buku ini terdiri dari 4 Bab yaitu adalah:

  1. Konseptualisasi Teori Hukum dan Teknologi
  2. Evolusi dan Dinamika Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  3. Konsep Hukum Sarana Pembaharuan Masyarakat Terhadap Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  4. Pembentukan Konsep Konvergensi Hukum Sebagai Sarana Pembaharuan Masyarakat Dalam Dimenasi Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Bab 1 dari buku ini membahas tentang Konseptualisasi Teori Hukum dan Teknologi yang berisi penjelasan mengenai:

  1. Perkembangan Teori Hukum Abad Modern, terdiri dari The Economic Analysis of Law, dan Critical Legal Studies.
  2. Pendekatan Teori Hukum Pembangunan Terhadap Konsep Hukum Sebagai Sarana Pembaharuan Masyarkat
  3. Fenomena, Ontologi dan Taksonomi Terhadap Hukum dan Teknologi.

Bab 2 dari buku ini menjelaskan segala hal yang berkaitan dengan evolusi dan dinamika pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, yang terdiri dari:

  1. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, terdiri dari pengertian dan kategorisasi teknologi informasi dan komunikasi
  2. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, terdiri dari Pemikiran tentang pemanfaatan Teknologi dari sisi manusia dan teknologi dan filsafat, sains dan teknologi. Selain itu terdapat penjabaran mengenai Hubungan antara filsafat teknologi dan filsafat sains sebelum abad ke 20 dan pada abad ke 20.
  3. Filsafat Sains Baru, terdiri dari filsafat tekonologi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang mana didalam subbab ini terdapat penjabaran mengenai ontologi teknologi, dan alat yang digunkana untuk sesuatu dalam paradigm filsafat teknologi.

Baca juga: Resensi Buku: Laut dan Masyarakat Hukum Adat

Bab 3 dari buku ini menjabarkan tentang Konsep Hukum Sarana Pembaharuan Masyarakat Terhadap Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, terdiri dari:

  1. Paradigma konvergensi hukum dalam perkembangan hukum internasional, yang rerduru dari paradigma konvergensi tatanan hukum, pendekatan konsepsi konvergensi dan non konvergensi dalam hukum, konsep dari harmonisasi hukum.

Bab 4 dari buku ini membahas tentang Pembentukan Konsep Konvergensi Hukum Sebagai Sarana Pembaharuan Masyarakat Dalam Dimenasi Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, adapun subbab dari bab 4 adalah:

  1. Konsep Konvergensi Hukum Dalam Upaya Pembentukan Hukum Yang Antisipatif Terhadap Perkembangan Zaman.
  2. Fungsi Hukum Sebagai Sarana Pembaharuan Masyarakat Dalam Dimensi Konvergensi Teknologi Informasi dan Komunikasi, dalam subbab B dari bab 4 dibahas mengenai pengaturan internasional dalam kerangka world trade organization dan world intellectual property rights terhadap pemanfaatan teknologi informasi dan kebijakan regulasi dalam pendekatan fungsi hukum sebagai sarana pembaharuan masyarakat dalam dimensi konvergensi tekonologi informasi dan komunikasi.
  3. Tatanan Hukum Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Kerangka Pembangunan Di Indonesia, dalam subbab C bab ini dijelaskan mengenai pembentukan tatanan hukum teknologi informasi dan komunikasi bagi kerangka pembangunan di Indonesia dan kontruksi tatanan hukum teknologi informasi dan komunikasi bagi kerangka pembangunan di Indonesia.

Baca juga: Resensi Buku: Kapita Selekta Perlindungan Hukum Bagi Anak

Kelebihan

Buku ini berisi penjelasan yang sangat detail mengenai Teori Hukum Konvergensi, pembaca yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka mengenai Teori Hukum Konvergensi akan puas membaca buku ini.

Kekurangan

Buku ini berisi penjelasan yang sangat detail hingga menyebabkan beberapa bagian dari buku ini agak sulit dipahami bagi pembaca kasual.

Penutup

Buku ini direkomendasikan bagi pembaca yang bukan pemula yang ingin meningkatkan pengetahuan mereka akan teori hukum konvergensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis