PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting • Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia
Berita  

Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping Menghasilkan 8 Kesepakatan Bilateral

The Meeting between Jokowi and Xi Jinping Yields 8 Bilateral Agreements

Avatar of Pinter Hukum
Jokowi dan Xi Jinping, Kesepakatan Bilateral

Pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping Menghasilkan Kesepakatan Bilateral

27 Juli 2023, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping di hotel Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Cina Barat Daya, yang kemudian Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping Menghasilkan 8 Kesepakatan Bilateral. Pengamat kebijakan publik mengungkap bahwa hubungan Indonesia dengan China perlu dicermati, terutama terhadap kesepakatan kerja yang dihasilkan pada pertemuan tersebut.

Baca juga: Hukum Perjanjian Internasional Kajian Teori dan Praktik Indonesia

kunjungan presiden Jokowi pada tanggal 27 dan 28 Juli adalah dalam rangka memenuhi undangan presiden China dan kunjungan ini bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia RRT. Presiden China, Xi Jinping mengatakan bahwa momentum tersebut memunculkan kesediaan China untuk menggunakan sebagai kesempatan menggali peluang untuk memperdalam kerja sama yang strategis dengan Indonesia.

pertemuan bilateral utamanya membahas penguatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan dan mempertimbangkan pemakaian tenaga lokal serta mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan

Baca juga: Resensi Buku: Pengesahan Perjanjian Internasional

Upaya Peningkatan Ekspor Indonesia ke China dalam Kesepakatan Bilateral

Pertemuan Jokowi dan Xi Jinping menghasilkan 8 kesepakatan bilateral menjadi sorotan publik, terutama perihal upaya peningkatan ekspor Indonesia ke China. Menurut Retno Marsudi selaku menteri luar negeri mengungkap bahwa dalam kesepakatan ini menjadi upaya peningkatan di bidang perdagangan dengan tujuan utama upaya meningkatkan akses ekspor Indonesia ke RRT terus dilakukan. RRT adalah Mitra dagang terbesar Indonesia dengan nilai perdagangan tahun lalu mencapai lebih dari 133 miliar US Dollar beberapa tahun terakhir neraca perdagangan Indonesia RRT semakin seimbang, bahkan tahun ini Indonesia mulai surplus.

dalam pertemuan dengan Presiden China, Xi Jinping, Presiden Joko Widodo meminta akses pasar yang lebih banyak di RRT bagi produk-produk Indonesia. Presiden Jokowi menyambut baik penandatanganan protokol impor. impor dalam hal ini adalah impor RRT dari Indonesia untuk tepung porang dan bubuk tabasheer. Selain itu adanya upaya mendorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota untuk impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk hasil laut Indonesia.

Baca juga: Pengertian Hukum Internasional

8 Hasil Pertemuan Kesepakatan Bilateral dalam Pertemuan Jokowi dengan Xi Jinping

Selain pertemuan Jokowi dan Xi Jinping menghasilkan kesepakatan di bidang perdagangan upaya meningkatkan akses ekspor Indonesia ke RRT terus dilakukan. Pertemuan ini juga memfokuskan di bidang kesehatan, dengan bukti ditandatanganinya plan of action untuk implementasi MOU kerjasama kesehatan. Tindakan tersebut merupakan tindak lanjut MOU yang sudah ditandatangani pada tahun lalu. Selain itu, adanya dorongan untuk menguatkan kerja sama vaksin genomik dan bioteknologi dalam menghadapi kemungkinan adanya pandemi baru.

Presiden Jokowi juga mengungkapkan adanya minat tinggi akan investasi RRT ke Indonesia. RRT merupakan investor terbesar kedua di Indonesia dengan nilai 8,2 M US Dollar pada tahun 2022. Retno menuturkan bahwa investasi tersebut walau angkanya sudah cukup tinggi, tetapi tetap potensial untuk ditingkatkan lebih jauh. Sektor yang dikatakan berpotensi diantaranya energi hijau, fiberglass, kesehatan, dan PetroKimia. Selain itu, yang ramai diperbincangkan publik yaitu kesepakatan tersebut membuka investasi RRT dalam pembangunan IKN.

Adapun pembahasan mengenai isu regional dan global antara lain terkait dengan induk Pasifik. Presiden menegaskan semua negara harus menjaga perdamaian stabilitas dan kemakmuran kawasan.

Isu ASEAN juga tidak luput dari pembahasan, presiden meminta dukungan RRT untuk implementasi konkret ASEAN Outlook On the Indo-pacific termasuk partisipasi BUMN dan sektor swasta RRT dalam ASEAN Indo-pasific Forum yang akan diselenggarakan September mendatang di Jakarta.

Menurut menteri luar negeri, Retno Marsudi memaparkan ada 8 (delapan) substansi yang disepakati pada pertemuan Jokowi dan Xi Jinping, antara lain:

  1. Protokol tentang persyaratan phytosanitary untuk ekspor tabasheer dari indonesia ke tiongkok
  2. Protokol pembukaan akses pasar produk pertanian tepung porang
  3. Rencana aksi kerja sama bidang kesehatan
  4. Nota kesepahaman tentang pusat penelitian dan pengembangan bersama
  5. MoU tentang kerjasama perencanaan berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pemindahan IKN
  6. MoU tentang peningkatan kerja sama indonesia tiongkok “two countries, twin parks
  7. MoU tentang pendidikan bahasa tiongkok
  8. MoU tentang kerja sama ekonomi dan teknis

 

Referensi:

Dian Erika Nugraheny, Bertemu di Chengdu, Jokowi-Xi Jinping Bahas Kerja Sama Pembangunan IKN, Kompas, Diakses pada 9 Agustus 2023

Marlinda Oktavia Erwanti, Hari ke-2 di China, Jokowi Makan Siang dengan Xi Jinping dan Bertemu Pebisnis, Detik News, Diakses pada 9 Agustus 2023

Farih Maulana Sidik, 8 Kesepakatan Hasil Pertemuan Bilateral Jokowi dan Xi Jinping, Detik News, Diakses pada 9 Agustus 2023

Reni Erina, Xi Jinping Bertemu Jokowi, Nyatakan China Siap Bantu Indonesia Kembangkan IKN, RMOL, Diakses pada 9 Agustus 2023

-, Jokowi Akan Temui Xi Jinping di China, Apa Agenda Utamanya?, CNN Indonesia, Diakses pada 9 Agustus 2023

-, Jokowi-Xi Jinping Makin Mesra Teken 8 Kesepakatan di China, Apa Saja?, CNN Indonesia, Diakses pada 9 Agustus 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis