PINTER HUKUM
#1 Platform for Legal Education and Consulting ā€¢ Penyedia Layanan Jasa Hukum Terlengkap dan Terpercaya di Indonesia

SEJARAH HUKUM: PENGERTIAN DAN TUJUAN

islam
Pengertian sejarah hukum

Pengantar

Sejarah hukum sebagai disiplin ilmu yang mempelajari tentang sejarah suatu hukum dalam masyarakat, perkembangan hukum tersebut, serta perbandingannya dengan hukum yang berlaku di suatu masyarakat lainnya.

Adapun tujuan mempelajari sejarah hukum ialah guna memahami awal mula suatu hukum diberlakukan dalam suatu masyarakat tertentu, bagaiaman proses penerapan hukum tersebut, pengaruhnya terhadap peradaban masyarakat terkait, sehingga pada akhirnya kita dapat mengetahui apa maksud dan tujuan hukum itu dibuat.

Dalam pandangan para pakar hukum, sejarah hukum memiliki dua (2) pendapat yakni Visi Idealistis Spiritualistis dan Visi Materialistis.

Baca Juga: Pengertian Filsafat Hukum

Ruang Lingkup Sejarah Hukum

Sejarah hukum mengkaji tentang sistem hukum yang pernah berlaku di suatu wilayah/negara kemudian membandingkannya dengan hukum yang berlaku sekang di negara tertentu. Dalam pendekatannya, sejarah hukum bersifat pertama, diakronis dan kedua, sinkronis.

Manfaat Sejarah Hukum

Menurut John Gillisen & A. Frist Gorle manfaat mempelajari sejarah hukum ialah:

Baca juga: Mengapa Kita Perlu Belajar Sejarah Hukum?

pertama, Sejarah hukum memperlihatkan adanya perubahan dan perkembangan ilmu hukum yang terjadi bukan hanya disebabkan adanya perbedaan kondisi suatu daerah atau negara melainkan juga dari waktu ke waktu hukum disuatu tempat mengalami perubahan dan perkembangan;

kedua, Sejarah hukum dapat membantu kita untuk mengerti norma atau ketentuan hukum yang berlaku pada masa sekarang;

ketiga, Sejarah hukum dapat memberikan pemahaman mengenai budaya dan pranata hukum sehingga sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai pegangan bagi para yuris yang tergolong masih pemula;

keempat, Sejarah hukum meletakkan hukum sesuai dengan perkembangannya dari waktu ke waktu serta juga diakui sebagai suatu gekala historis (meletakkan hukum sesuai dengan perkembangan sejarahnya).

Baca Juga: Mengapa Hukum harus Ditaati? Ini Alasannya
Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa share dan komen, Thanks.

Respon (9)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi Gratis